27 April 2017

Menengok Wisata Candi Plaosan Peninggalan Masa Mataram Kuno

Pilihan Buat Mas Bro × +

YukGas - Keindahan Candi Plaosan Klaten Tempat Menarik Untuk Di Kunjungi. Di antara kalian pasti tidak asing dengan yang namanya Candi Prambanan, wisata kelas dunia yang banyak di kunjungsi oleh wisatawan asing memang menjadi primadona saat sedang berlibur di Indonesia. Tapi kalian tahu tidak ada sebuah candi yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Letak tempat ini kurang lebih 1 km dari Komplek Candi Prambanan. Nama dari candi ini adalah Candi Plaosan, mungkin di antara temen-temen masih sedikit asing ya dengan tempat yang satu ini. Tapi bagi pecinta budaya dan sejarah pasti sudah mengetahuinya.

Jika kita menengok lebih jauh lagi, tempat ini memiliki sejarah yang apik dan tidak kalah dengan kisah percintaan anak muda jaman sekarang hehe. Candi Plaosan di bangun sebagai tanda bukti cinta Raja Rakai Pikatan kepada istrinya yaitu Sri Kahulunan. Kisah kedua pasangan ini menikah degan perbedaan keyakinan, Ratu Sri Kahulunan yang memeluk agama Budha dari Wangsa Syailendra, menikah dengan Raja Rakai Pikatan yang beragama Hindu dari Wangsa Sanjaya. Pernikahan tersebut merupakan awal bersatunya antara Wangsa Syailendra dan Wangsa Sanjaya di Jawa Tengah.

Buat kalian yang menyukai sejarah tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi. Karena Candi Plaosan merupakan tempat bersatunya dua wangsa yaiu Syailendra dan Sanjaya, hal ini akan berpengaruh pada arsitektur bangunan candi-candi setelahnya.

Bagi pecinta Photography, Candi Plaosan juga sangat cocok untuk di jadikan spot hunting. Di kawasan ini banyak Photographer yang mengincar panorama Candi Plaosan sunrice dan sunset. Karena bentuk dan lokasinya yang pas membuat tempat ini semakin matap untuk di eksekusi.

Berikut ulasan foto yang dapat kami rangkum dari Suhu Photographer





Lokasi
Bagi sahabat Traveler yang mau berkunjung ke sini bisa search di Google Maps, dan berikut adalah alamat lengkapnya Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Harga Tiket
Tidak perlu mengeluarkan uang banyak-banyak, cukup dengan Rp 5000,- saja kita sudah bisa masuk.
Catatan : harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah tergantung pihak pengelola.

Jam Kunjungan
Tempat ini buka setiap hari, mulaipukul 09:00 – 17:00 WIB

Fasilitas di Area Wisata
  • Tempat parkir
  • Warung
  • Dan lain-lain

Tips Bagi Kalian Yang Ingin Berburu Foto Menarik
Ada 2 pilihan bagi temen-temen yang ingin berburu foto, kita berangkat fajar hari atau berangkat sore hari. Karena pemandangan di sini bagus pada waktu-waktu tersebut, komposisi cahaya dan ke indahan Candi Plaosan akan terpancar dengan sangat maksimal hehe. Pada malam hari juga sangat bagus untuk di eksekusi, pemandangan bintang akan menambah nilai plus dalam foto Anda nantinya.

Itu lah sedikit review seputar artikel yang berjudul “Menengok Wisata Candi Plaosan Peninggalan Masa Mataram Kuno”. Kita harus bangga menjadi warga Indonesia, karena peningalan nenek moyang kita menjadi daya tarik orang luar untuk datang ke sini. Oke cukup sekian ya ? Jika ada kritik saran bisa coret di kolom komenatar di bawah.

Menengok Wisata Candi Plaosan Peninggalan Masa Mataram Kuno Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Geishavana Media
Tampilkan Komentar Gan
Sembunyikan Komentar Gan

2 comments:

  1. Boleh juga pemandangannya, tapi jauh dari Sukabumi mah.

    hehe

    ReplyDelete
  2. Bener gan, saya nyoba pas sore hari bagus banget.
    Next time coba pas fajar hehehe

    ReplyDelete